SEE YOU AGAIN

http://incrediblemind.co.cc/

http://incredibleincome.co.cc/


First of all, saya mau ngucapin terima kasih banget..atas responnya yang luar biasa, sejak saya share informasi tentang KPR syariah, telp yang masuk banyak banget, e-mailnya banyak luar biasa =D…..

Tulisan yang saya posting di forum dan blog yang saya buat : kprsyariah.blogspot.com

Mendapat respon yang luar biasa, dan saya seneng bisa berbagi pengalaman dengan kalian semua =D

Selain itu saya juga minta ma’af banget karena ngga bisa bales semua e-mail yang masuk, juga gak ngangkat telp yang menghubungi saya, dikarenakan ada beberapa alasan, 3 bulan ini belakangan sejak saya share info tentang kpr, memang sangat banyak membantu saya dalam pekerjaan saya sebagai sales di kprsyariah niaga, namun untuk info beberapa bulan ini (sampai sekarang) saya sedang menghadapi masalah yang sangat berat bagi saya, sejak itu hidup saya berubah 180 derajat, emosi saya sedang tidak karu2an, jadi memang dampaknya tidak baik buat semua, buat teman-teman yang mau nanya infoemasi saya juga jadi tidak bisa melayani. Ma’af ya …..

Saat ini saya tidak bekerja lagi di niaga syariah, jadi mohon ma’af saya tidak bisa lagi membantu untuk informasi mengenai kpr, namun sebelum saya pamitan buat semuanya saya ada beberapa kenalan dari niaga yang bisa membantu, and they are very good, jadi kalau teman-teman mau nanya informasi mengenai kpr bisa langsung aja ke telp mereka ini telponnya :

Niaga syariah :

Ibu ade : (sudah tidak lagi dibank niaga :) )

Bapak rahmat : 0815 101 38 465

Beberapa tips mungkin yang bisa saya bagi terakhir, yang sudah saya pelajari untuk mengambil kpr berikut hal yang bisa dilakukan :

  1. sebelum memutuskan menggunakan kpr mana bagusnya bench mark dulu, atau survey ke kpr yang lain, bagusnya punya 4 nama, karena saya terakhir didivisi syariah jadi secara jujur, informasi terakhir yang saya terima baiknya kalau mau survey bisa coba ( niaga, permata, dan bni -untuk divisi syariah ya =D- ) terakhir saya bekerja menurut saya 3 bank tersebut harganya sangat kompetitif.
  2. jadi kalau permohonan kpr anda tidak disetujui coba bank yang lain, seperti yang saya sebutkan tadi, berdasarkan pengalaman saya, ketika salah satu nasabah saya tidak disetujui, langsung saya alihkan secepatnya ke bak-bank tersebut.
  3. untuk mengambil kpr yang harus dibandingkan dan dipertimbangkan adalah :
    1. coba dibandingkan ANGSURANNYA, ini sangat penting jangan dilihat margin atau bunganya karena,biasanya banyak yang terjebak dengan istilah margin efektif,flat dan fix jadi saya ingatkan lagi bandingkan JUMLAH ANGSURAN PERBULANNYA.
    2. Berikutnya bisa dilihat JANGKA WAKTU, makin panjang jangka waktu tentu berdampak pada angsuran makin kecil namun juga dampak lainnya jumlah yang harus kita angsur semakin besar, untuk jangka waktu biasanya beragam antara 5 -15 tahun yang 20 belum saya temukan.
    3. Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah : JUMLAH PENGHASILAN MINIMUM , ini maksudnya bank punya ketentuan berapa pendapatan minimum anda untuk boleh mengambil fasilitas kpr, biasanya kalau pendapatan anda dibawah 5 juta, akan lebih sulit untuk disetujui, namun jangan menyerah, coba ditanyakan apakah bisa joint income atau tidak, bila bisa baiknya joint income, biar fasilitas kpr lebih mudah disetujui.
    4. Hal berikutnya adalah ANGSURAN ANDA DENGAN PIHAK KE-3 ini maksudnya, bila anda punya fasilitas kredit ditempat lain, baiknya dilunasi dulu jangan mengambil kpr bila anda masih punya angsuran ditempat lain karena hal tersebut akan memperkecil kemungkinan untuk disetujuinya permohonan kpr anda, karena dengan adanya angsuran pihak ke-3 maka akan memperkecil ratio installment anda. Mengenai ini sudah pernah saya bahas sebelumnya ditulisan saya yang lain.
    5. Pastikan apakah fasilitas kpr anda menggunkan perhitungan bunga efektif, flat atau fix yang terbaik adalah fix namun selain syariah masih jarang kpr yang menggunakan perhitungan fix, jadi kembali ke point A, DILIHAT JUMLAH ANGSURANNYA, perhitungan bunga hanyalah istilah marketing dalam dunia perbankan jadi jangan terkecoh ya =)

  1. bank sangat memperhatikan namanya CHECKING BI ini untuk melihat kolektibilitas anda, dan untuk menilai karakter anda.banyak sekali nasabah yang gagal karena hal ini.jadi kalau punya kartu kredit sebisa mungkin bayarnya tepat waktu, kalau tagihan anda tidak dibayar tepat waktu maka ketika checking bi akan terlihat angkanya, apakah anda lancar atau tidak pembayarannya selama ini, hal ini bisa terlihat sampai 5 tahun kebelakang, saya pernah menemukan kasus segala halnya sudah baik namun ternyata tagihan kartu kreditnya banyak yang bermasalah , hasilnya nasabah tersebut langsung gugur, kalau memang anda bermasalah dengan kartu kredit baiknya urungkan niat untuk mengambil fasilitas kpr =)
  2. hal yang tidak kalah penting adalah STATUS SERTIFIKAT, ini juga kasus yang paling banyak ditemui, pastikan sertifikat anda sudah sampai posisi SHM atau SHGB dan juga pastikan nama pemilik atas sertifikat tersebut adalah benar penjual langsung, saya pernah mendapatkan nasabah yang ternyata sertifikatnya bukan atas nama penjualnya namun masih atas nama teman penjualnya,, waduhhh ini ngurusnya pusing banget, kpr sudah disetujui dalam waktu kurang dari seminggu tapi ketika berurusan dengan notaris ternyata sertifikatnya bermasalah akhirnya molor sampai lebih dari 2 bulan itupun masih belum selesai, jadi pastikan ya STATUS SERTIFIKAT anda tidak bermasalah, nah bagaimana dengan rumah baru, nah untuk ini juga pastiakan bahwa developer anda adalah DEVELOPER KERJASAMA dengan bank terkait,kalau tidak akan repot sekali, jadi harus benar-benar dicek untuk masalah ini okay =) .
  3. berikutnya perhatikan juga apakah rumah yang anda ambil tidak bermasalah dengan :
    1. banjir (coba dicek apakah termasuk daerah banjir ketika 2001 dan 2007, bila ya maka permohonan fasilitas kredit anda akan sangat sulit disetujui, berikutnya mengenai banjir yang dinilai adalah apakah rumah tersebut dekat dengan kali ataupun sungai,bila dekat maka akan berpengaruh pada penilaian dari bank)
    2. tidak dekat dengan tegangan listrik atau istilahnya sutet
    3. tidak dekat dengan TPA atau tempat pembuangan akhir.
    4. Jalannya sudah bisa dilewati mobil
    5. Bukan tusuk sate
  4. hal lainnya perhatikan BIAYA-BIAYA kpr, sebisa mungkin minta penjelasan, biaya tersebut adalah biaya yang harus dibayar dimuka, ini biasanya terdiri dari biaya appraisal, biaya administrasi, biaya materai dsb jumlahnya bisa beragam
  5. pastikan anda sudah karyawan tetap, dan kalau anda bekerja diperusahaan yang sudah ternama maka persetujuan anda akan lebih mudah disetujui, untuk pekerjaan ini, setiap bank mempunyai daftar-daftar siapa saja yang boleh mengajukan kpr, diantaranya yang sulit disetujui adalah artis, pengacara,abri itu setahu saya ya, jadi kalau memang ada bank yang membolehkan berarti itu reazeki anda =D
  6. nah ini tips terakhir dari saya, kalau anda merasa diri anda tidak memenuhi syarat-syarat untuk mengambil kpr sebaiknya cobalah ajukan atas nama orang lain yang bisa memenuhi apakah kakak atau saudara yang lain. Untuk hal ini sangat dianjurkan bikinlah perjanjian tertulis yang legal antara anda dengan pihak yang membantu anda, karena yang sudah-sudah banyak kasus yang dibantu malah bermasalah tidak sedikit juga yang membantu malah bermasalah. Kalau ditanya yang Paling baik ya atas nama sendiri =D

sekian dari saya semoga bisa banyak menjadi masukan untuk anda, pada dasarnya mengambil kpr sangatlah mudah bila anda sangat kooperatif dengan pihak bank dan ada satu aturan tidak tertulis didunia bisnis maupun perbankan,bila niat kita baik maka untuk mendapat persetujuan akan cepat sekali namun bila tidak, pasti ada saja masalah yang timbul, jadi harap benar-benar diingat : bila niat kita baik maka jalannya akan jauh lebih mudah, begitu juga sebaliknya, jadi saya informasikan sekali lagi referensi saya adalah :

Niaga syariah :

Ibu ade : (sudah tidak lagi dibank niaga :) )

Bapak rahmat : 0815 101 38 465

Untuk yang diluar jakarta atau pulau jawa, coba cari informasi terdekat saja beliau kantornya ada dijakarta akan sangat sulit melayani diluar jabodetabek …jadi untuk informasi lebih jauh bisa hubungi mereka karena saya sudah resign dari niaga syariah, =)

Sekian dari saya semoga berkenan, bila ada salah kata ataupun lainnya saya minta ma’af yang sebesar-besarnya, saya manusia juag akan sangat wajar untuk berbuat salah…

Selamat mencoba semoga sukses ….

Oh ya sekedar informasi saya ada blog lain yang saya yakin bermanfaat untuk kita semua ini alamatnya http://incredible-income.blogspot.com/

Terima kasih, dan sukses untuk kita semua =D

dony

http://incredible-income.blogspot.com/


http://thebest-motivator.blogspot.com/ .

Tidak ada komentar: